Rabu, 26 Desember 2012

BERBAGI PENGALAMAN


Mengajar Sekbang “BRAVO

Bulan Maret 2012 adalah saat yang bersejarah buat saya, ini adalah kali pertama saya mengajar siswa yang baru mengenal tentang penerbangan.  Pengajaran merupakan suatu proses transfer ilmu dari pengajar/instruktur kepada siswa dengan menggunakan metode dan media tertentu untuk mencapai suatu sasaran/obyektif yang diinginkan.  Proses pengajaran akan mengeksplor segala kemampuan instruktur yang meliputi knowledge, skill (skill exercise dan komunikasi) dan experionce (pengalaman) agar dapat mentransfer ilmu kepada siswa. Ilmu pengetahuan yang diserap selama ground school  tidak bisa serta merta kita terapkan tanpa diimbangi dengan skill (keterampilan terbang) dan teknik instruksi yang benar.  Teknik instruksi pun tidak cukup tanpa ada bekal key word yang baik ( mudah dan tepat ) yang dipersiapkan pada exercise tertentu oleh seorang instruktur.  Key word dibuat untuk mempermudah siswa dalam membuat exercise sekaligus mempermudah instruktur dalam menerapkan teknik instruksi.

Jujur Mengukur Kemampuan Diri
(Jika ada kekurangan dalam diri saya maka harus saya perbaiki)

Kemampuan setiap orang (penerbang) berbeda-beda terutama dalam hal penguasaan teknik terbang.  Saya adalah salah satu siswa Sekolah Instruktur Penerbang A-65 yang pernah mengalami kesulitan pada manuver  slow roll  pada fase aerobatik dan formasi 4 (empat).   Ketika Sekolah Instruktur Penerbang A-65 ditutup saya melanjutkan ke tahap konversi untuk Pesawat KT-1 dan refreshing untuk Pesawat T-34C1, disela-sela kesibukan saya sebagai siswa konversi saya juga tetap melaksanakan terbang profisiensi pesawat As-202 Bravo (pesawat yang saya terbangkan saat SIP).  Waktu itu instruktur masih diperbolehkan untuk melaksanakan terbang profisiensi sendiri,  sehingga waktu 1 jam terbang dapat melaksanakan berbagai manuver baik secara series maupun parsial.   Biasanya saya melaksanakan satu series aerobatik dulu untuk mengetahui manuver mana yang saya rasa masih kurang, setelah itu saya mengulang manuver-manuver tersebut sampai saya puas.   Jika bisa memanfaatkan secara maksimal sebenarnya profisiensi sendiri ini sangat banyak membantu dalam mempelajari / mengeksplorasi teknik manuver, karena yang saya rasakan saya banyak menemukan teknik-teknik manuver yang sulit justru pada saat melaksanakan terbang profisiensi sendiri.  Saya merasa tertantang untuk dapat membuat manuver slow roll pesawat Bravo tanpa barell dan diatas horizon, khususnya slow roll ke kanan.  Memang dari tiga tipe pesawat yang digunakan sebagai pesawat latih di TNI AU manuver dengan menggunakan pesawat Bravo adalah yang paling sulit, tapi saya tidak menyerah begitu saja.   Saya coba dan terus mencoba hingga suatu saat saya menemukan teknik tersebut dan saya merasa sangat puas sekali.

Pengalaman yang paling terkesan ketika saya melaksanakan profisiensi sendiri pesawat Bravo di area 22 adalah saat membuat manuver slow roll tepatnya ketika posisi inverted tiba-tiba seat lock lepas sehingga kursi yang saya duduki terlempar ke belakang dan  kaki saya tidak sampai untuk mengontrol rudder.  Saya berusaha menenangkan diri dengan mengucapkan RILEX...RILEX...RILEX...  kemudian pelan pelan saya atasi situasi ini dan alhamdulillah dapat mengatasi dengan aman.   Yang saya tidak mengerti, setelah saya selesai membetulkan kembali tempat duduk saya mengulangi lagi membuat manuver slow roll, nah tindakan saya yang satu ini adalah salah satu tindakan yang tidak baik untuk dicontoh, Mengapa? Karena sudah tahu pesawatnya bermasalah dengan kursi masih meneruskan pembuatan manuver yang memiliki tingkat resiko tinggi.  Usaha yang keras adalah modal utama untuk menemukan teknik-teknik terbang yang baik dan benar sehingga dapat membentuk keyakinan diri  (confidence) seorang instruktur dalam  melakukan pengajaran.

1 komentar:

  1. Titanium Daith jewelry
    Titanium Daith jewelry is designed for titanium bike frame collectors titanium bars looking for jewelry that is of quality that they would titanium wedding bands for men expect to receive from a reputable babylisspro nano titanium spring curling iron Titanium Daith titanium properties (Tiny)

    BalasHapus